Friday, May 11, 2012

aku bertemu Tuhan...


baru saja,
di simpang jalan aku bertemu Tuhan
berbincang sebentar, sekedar bertukar sapa,
sebelum melangkah pulang
kami berkelakar
tentang hidup yang kelewat sukar
tentang tepi langit yang mulai pudar
tentang keimananku padaNya yang tak pernah mengakar
damai, menyusup tulang sumsum
sampai sebuah sabda meletar telinga
masa, kataNya
;Tuhan tidak mengenal Tuhan
aku terbahak, tawa menggelegar
hingga nafasku tersengal. kupikir lagi-lagi Ia bercanda seperti biasa
namun Tuhan terdiam
-seperti biasanya bisu, setiap kali kita bertanya
lalu, sebuah kesadaran menamparku hingga terkapar
Tuhan memang jenaka, tapi Ia tak pernah bercanda
seolah gelap, menyekap
langit menantangku menjawab kebisuanNya.
Tuhan adalah Tuhan, bukan?
lantas mengapa Ia berkata, Ia bahkan tak mengenal Tuhan
lalu untuk apa aku pulang, tempat apa yang kutuju di ujung jalan
;rumah dengan kehangatan, ceruk tubuh menyimpan pengharapan.
bukankah telah kukenal dengan baik
arah rumah yang kutuju
di ujung jalan itu
bukankah telah kuhapal benar
segala kalam penunjuk jalan
ke rumah tujuanku
ataukah aku tak pernah benar-benar tau
mungkinkah pijar cahaya telah mengekalkanku dalam kebutaan
benarkah segala hal yang selama ini kuanggap sahih
namun Tuhan hanya diam,
-seperti biasanya bisu, setiap kali berjuta pertanyaan mengamuk dalam kepala
sekejap menghilang, Ia meninggalkanku sendiri
berayun-ayun memeluk kedua kaki.
langit masih gelap,
hitam. menantangku menjawab kesombongan
seakan menggeram
“bukankah kau tau segala yang kau pikir tau.”
kepalaku tercekat
di tanah ada jejak tanda Tanya yang mendekat
mengusikku yang tak mampu menjawab kesombonganku
sendirian
ditelanjangi rintik hujan, aku berayun
“lalu kemana aku harus pulang, Tuhan, aku hanya ingin pulang”
hujan menitik dari langit hitam
menangisiku yang merintih pilu
meraung lirih
hilang.



_B_ 12 May 12

2 comments:

  1. weits, Tuhan ki Maha Segalanya termasuk Maha Bercanda, ra percoyo? suk tunggu wae postinganku yang akan datang, hehehe

    ReplyDelete
  2. haizzzz.... ya wis ditunggu pak

    ReplyDelete